Halaman

Rabu, 07 September 2011

istilah dalam fanfic

Nah sebelum mengetahui lebih lanjut apa-apa saja istilah dalam fanfiction.net, ada baiknya jika kita mengenal apa itu fanfiction.net. Fanfiction.net adalah sebuah situs website yang memberikan keleluasaan pada fans sebuah ‘fiksi’ untuk mengapresiasikan kesenangannya pada fiksi tersebut. Fanfic atau fanfiksi itu sendiri merupakan hasil karangan seseorang dengan menggunakan tokoh-tokoh, suasana, tempat dan kondisi dari sebuah karya asli. Contohnya buku, film, game, anime ataupun manga. Biasanya, fanfiksi ini terbentuk karena fans tersbut memiliki ‘ide’ sendiri mengenai jalan cerita atau tokoh dari karya aslinya, bisa saja cerita tersebut mengikuti karya asli, atau bahkan melenceng sangat jauh dengan cerita aslinya. Fanfiksi juga diciptakan untuk memenuhi keinginan hati fans, bersifat tidak mencari keuntungan dan jarang dipublikasikan secara profesional.
Nah, Sodara-sodaraku sekalian, nih ada beberapa ‘istilah-istilah’ khusus yang sering dipake di FFn. Ada yang yang udah sering kita dengar, namun ada juga yang terasa asing di telinga kita.

Disclaimer
Suatu pernyataan yang tidak mengakui suatu anime sebagai miliknya, dan juga tidak ada tujuan komersil dalam pembuatan fanfiksi tersebut. Disclaimer ini biasanya dicantumkan untuk menghormati pengarang aslinya. Contoh disclaimer adalah:
- Naruto belongs to Masashi Khisimoto
- One Piece © Eichiro Oda
- Bleach itu yang punya Tite Kubo
- Dan lain-lain yang dapat dikreasikan sesuai keinginan Author.

AU (Alternative Unierse/Another Universal)
Setting cerita yang berbeda dengan kerya asli yang sesungguhnya. Contohnya saja dalam anime Naruto yang menceritakan kehidupan ninja, maka setting ceritanya dapat berubah menjadi kehidupan anak sekolahan, kehidupan samurai, atau kehidupan tentang robot.

OOC (Out of Character)
Tokoh cerita yang sifatnya berbeda dengan sifat aslinya. Misalnya Naruto yang memiliki sifat pemberani dan ceria dalam anime asli menjadi pemurung, penakut, dan pendiam (suramnya dunia). Nami yang dalam anime One Piece adalah seorang cewek yang rada-rada matre, dapat menjadi seorang cewek yang amat sangat dermawan apabila digambarkan dalam keadan OOC.

OC (Original Character)
Tokoh tambahan atau tokoh yang dibuat oleh author yang tidak ada dalam karya yang sesungguhnya.

In Chara
Penggarambaran sifat tokoh yang sesuai dengan aslinya. Contoh Hinata Hyuuga yang pemalu, cerdas, dll atau Jiraiya yang mesum.

Bash
Semacam pernyataan ketidaksukaan terhadap suatu karakter. Ataupun tulisan peringatan terhadap fanfic-nya dari seorang author jika authornya menganggap fanfic tersebut akan mendapat flame. Contoh: “Don’t Like Don’t Read!”

DLDR
Don’t Like Don’t Read. Tidak suka, jangan dibaca. Istilah khusus yang sering dipakai author yang secara halus melarang seseorang untuk membaca fanfiksi buatannya dengan alasan tersendiri. Misalnya karena pairing, tema cerita, atau rating. Dulu sering digunakan oleh Fujoshi untuk ‘mewanti-wanti’ anti-yaoi yang biasanya suka mem-flame cerita slash. Tapi saat ini penggunaan DLDR sudah semakin meluas, tidak hanya dari kalangan penyuka slash tapi juga penyuka crack pair, atau tema cerita tertentu.

Flame
Kritik atau kata-kata yang menghina dan mencela sebuah fanfiksi. Sebagian besar flame memang membangun, namun disampaikan dengan cara yang kurang tepat. Tapi ada juga flame yang isinya Cuma kata-kata makian atau sederet kalimat yang menjatuhkan author. Falme dibuat oleh seseorang yang disebut flamer.

Fluffy
Fanfiksi pendek yang biasanya tanpa makna, dengan konflik yang tidak terlalu menonjol, manis dan berakhir bahagia.

WB (Writer’s Block)
Suatu hal/kendala yang menjadikan author tidak dapat melanjutkan cerita. Biasanya

Review
Umpan balik ataupun tulisan yang berisi tanggapan, saran, kritik, ataupun flame yang ditujukan pada sebuah fanfic. Para author maupun pembaca biasa meninggalkan review setelah membaca sebuah fanfic.

Song Fic
Fanfic yang memadukan cerita dan lagu.

Hiatus
Cuti sementara dari keaktifan menulis maupun me-review fanfic-fanfic. Biasanya jangka waktu hiatus adalah beberapa minggu/bulan bahkan sampai satu tahun, yang dimulai sejak seorang author menyatakan ke-hiatus-annya.

YAOI (Shounen-ai)
Kisah cinta diantara laki-laki. Lawan dari Yaoi adalah straight (normal). Fanfic yaoi biasanya tidak disukai oleh pencinta straight. Begitu pula sebaliknya.

YURI (Shoujo-ai)
Kebalikan dari yaoi. Yaitu kisah cinta diantara perempuan. Lawan dari yuri adalah straight.

Bi-shounen
Tokoh laki-laki yang terlihat manis, cantik, dan lemah lembut.

Bi-shoujo
Tokoh perempuan yang terlihat keren, tampan, dan cool.

Challenge
Sebuah tantangan yang ditujukan kepada author untuk membuat fanfic dengan genre/pairing yang belum pernah dibuat/tidak disuka oleh authornya sendiri.

Request
Sebuah permintaan yang ditujukan kepada author untuk menyisipkan tokoh maupun pairing ke dalam fanfic yang tengah dibuat. Request dapat pula berupa permintaan untuk dibuatkan fanfic.

Collab-Fic
Fanfic yang dibuat oleh dua author atau lebih.

Pedophilia (pedo)
Istilah psikologis yang sering dipakai di FFn, merupakan suatu kelainan psikologis dimana orang dewasa memiliki ketertarikan seksual dengan anak-anak di bawah umur.

Lemon/Smut
Fanfiksi dengan adegan seks yang digambarkan secara detail dan menyeluruh.

LIME
Agak berbeda dengan Lemon, istilah begonya tuh ‘versi halus dari lemon’. Dalam lime tidak benar-benar terjadi hubungan seks hanya sebatas… sebatas apa ya? (tolong simpulkan saja sendiri)

R&R
Read & Review, pembaca diminta untuk memberikan masukan kepada fanfiksi yang telah dibaca. Biasa juga ditulis ‘C%C’,Critic and Comment.

Concrit
Constructive Critism, merupakan kritik yang diberikan dengan harapan author dapat memperbaiki kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi di chapter atau cerita berikutnya. Concrit dan Flame jelas-jelas berbeda, meskipun sama-sama menunjukkan kelemahan dan kekurangan cerita, tapi Concrit tidak ‘memakai’ kata-kata kasar seperti flame.

PoV-POV
Point of View, sudut pandang author dalam cerita.

CANON
Jalan cerita dalam fanfiksi mengikuti jalan cerita dari karya aslinya. Contohnya latar belakang dan pairing semuanya sama dengan karya asli.

SLASH
Ini artinya sama kaya YAOI, ShounenAi, M/M, ataupun gay. Merupakan hubungan sesame jenis, laki-laki dengan laki-laki.

Gore
Fanfiksi yang berisi adegan berdarah-darah. Berhubungan dengan pembunuhan, penyiksaan, adegan-adegan penuh kekerasan, sadis dan lain-lain.

PWP
Plot, What Plot? Atau Porn Without Plot. Cerita yang tidak jelas jalan ceritanya, atau hanya menampilkan adegan seks semata.


Mary Sue
Tokoh wanita yang digambarkan serba ‘sempurna’ tanpa satu titik celapun. Bias juga disebut sebagai ‘Nona pintar segalanya’, pokoknya kayak semua keahlian dia yang punya.

Gary Stu
Mary Sue versi cowok, serba sempurna, jago dan hebat dalam segala hal.

Oneshot
Fanfiksi yang terdiri dari satu chapter, mirip-mirip dengan cerpen (cerita pendek).

A/N
Author Note, adalah catatan khusus yang dibuat oleh author untuk menjelaskan sesuatu, istilah asing, atau sekedar bercuap-cuap. Biasanya author note terletak di awal atau di akhir cerita.

MPreg
Male Pregnant, pria yang bisa hamil. Kurang lebih begitu.

Crossover
Cerita yang menggabungkan dua fandom yang berbeda. Misalnya crossover ‘Naruto dan One Piece’ atau Bleach dan Kingdom Hearts’.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar